Minggu, 15 April 2012

TIPS HEMAT BBM

Jika anda menyewa mobil rental tanpa sopir maka anda harus menanggung biaya untuk bahan bakar mobil tersebut, oleh karena itu saya sebagai pengusaha rental mobil ingin berbagi tips kepada konsumen rental mobil saya tentang cara-cara yang bisa menghemat konsumsi BBM mobil. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda pengguna mobil rental ataupun yang mengendarai mobil sendiri.

Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan :
  • Isilah bensin pada malam hari atau pada saat cuaca sedang dingin, karena suhu udara yang dingin akan membuat molekul bensin menjadi lebih rapat dan tidak cepat menguap, sehingga kita akan mendapatkan volume bensin yang lebih banyak.
  • Hindari Over Load muatan, karena jika mobil over load aerodinamikanya akan terganggu dan tarikan mobil akan berat yang pada akhirnya BBMnya akan lebih boros.
  • Matikan mesin saat mobil berhenti lama, bila mobil berhenti lebih dari 5 menit, baik di tepi jalan atau di pintu kereta.
  • Jangan jadi orang JADUL (jaman dulu) yang suka memanaskan mesin dalam waktu yang lama, mobil jaman sekarang (thn 2006 ke atas) sudah modern dan canggih, panaskan mesin di pagi hari atau awal start cukup 30 detik saja, jika lebih dari itu selain buang-buang BBM asap knalpot dalam kondisi idle kadar CO2nya sangat tinggi sehingga bisa mencemari udara di sekitar rumah anda.
  • Jangan salah kaprah dengan mematikan AC di jalan tol dengan alasan untuk menghemat BBM, karena jika anda mematikan AC pastinya anda akan membuka jendela agar udara dari luar bisa masuk, menurut penelitian turbulensi angin yang disebabkan oleh jendela yang terbuka akan membuat mobil anda lebih boros BBM ketimbang menggunakan AC.

Untuk sementara hanya ini yang bisa saya share ke anda, semoga bermanfaat......!!!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar